RSS

Buta berprestasi


(Copas dari FB Karyati Ulya Hadibasuki)

Sebenarnya masih pengen hibernasi, tp sepertinya rugi kalo kisah ini nggak saya bagi.
Tanggal 16 siang, sepulang kerja, saya naik bis , duduk manis di bangku deret belakang biar gak sumuk. Entah kenapa tetiba saya pengen pindah depan, akhirnya saya duduk disamping mas2 ini. Begitu dia menoleh, baru saya tau bahwa dia tuna netra, kedua matanya abu-abu. Tak ada pikiran apapun saat itu, ketemu tuna netra hal biasa buat saya. Setidaknya ada 2 tuna netra yg biasa saya temui dalam perjalanan kerja, 1 pengamen dan 1 tukang pijat.
Tiba-tiba mas ini nanya ke saya dimana saya akan turun. Saya jawab alamat saya. Sebagai sopan-santun saya tanya balik dia mau kemana. Ke semarang jawabnya. Tapi saya lalu jadi kepo.
“Semarangnya mana mas?”
“Terminal terboyo bu”
“Memangnya mau kemana mas?”
“Ngaliyan”
“Wah kejauhan kalo turun terboyo, mending turun banyumanik mas, trus naik bis jurusan mangkang turun jrakah. Ngaliyannya mana?”
“Kampus UIN bu”
Sampe disini semakin besar kepo saya, ngapain ya tuna netra ke kampus UIN.
“Kampus berapa? Kalo kampus satu, mas bisa langsung turun di depannya,gak perlu naik bis lagi”
“Sebentar saya telpon teman saya dulu bu, saya jg blm tau kampus berapa”
Lalu dg ketrampilan menelpon yg tdk kusangka, dia menelpon temannya.
“Kampus satu ternyata bu”
“Oh, ya sudah ,masnya turun banyumanik aja naik bis gedawang mangkang,nanti bilang kondekturnya turun kampus satu”
“Ada alternatif lain bu?
“Ada mas, tp lbh ribet. Turun banyumanik,naik bis lagi jurusan johar,turun tugu muda trus jalan dikit naik bis jurusan ngaliyan.gimana?”
“Wah ribet ya bu, mending yg pertama tadi”
“Iya mas, tugu muda terlalu ramai kendaraan. Btw, ke kampus satu ada perlu apa mas?”
“Mau ambil nomer tes bu”
“Oh mau daftar kuliah?”
“Mau daftar jadi dosen bu”
Glodakkkkk, saya kaget.
“Brarti masnya sudah S2?”
“Alhamdulillah sudah bu, blm lama lulus dari UIN jogja”
Daaannn saya tidak bisa menahan kepo. Akhirnya dia bercerita, dia buta sejak lahir. Terlambat masuk sekolah karena ortunya orang desa yg tak paham bahwa tuna netra jg bisa sekolah. Dia sekolah di SD biasa, 6 th selesai, tp krn dia jatuh menjelang ujian, akhirnya nggak lulus SD krn tdk ikut ujian. Sempat masuk SLB setaun juga masuk pesantren setaun sebelum akhirnya masuk SMP. Kenal komputer sejak SMA, dia menghafal keyboard. Kuliah S1nya dia selesaikan dalam waktu 4th (!!!)
“Trus kuliahnya gimana mas?”
“Ya kuliah biasa bu, saya mencatat pakai braille, tp untuk tugas dan ujian saya gunakan komputer bicara”
“Lulus S1 langsung S2?”
“Iya bu, tapi lulus S1 saya sambil kerja,kasian orang tua kalo harus membiayai. alhamdulillah ada teman nawarin kerja. Kerjanya online, bikin iklan untuk film. Kalo S2 kan kuliahnya dikit bu, tp tiap hari saya ke kampus nyelesaiin tugas2 biar sore sampe malamnya bisa ngerjain kerjaan online.”
Saya  melongo aja dengerin penjelasannya, gak ‘nyandak’ pikiran saya membayangkan dia MEMBUAT IKLAN.
“Trus untuk tesisnya gimana mas, kan butuh banyak referensi tuh?”
“Untuk buku, saya dibantu teman bu membacanya, saya kutip yg perlu. alhamdulillah selesai, teman bantu ngerapiin layout aja”
Jleb jleb jleb  ,saya seperti mendengar Allah bicara : see? Kamu punya mata sehat loh! Masih banyak alesan buat males bikin proposal???
Benar-benar siang yg bikin merinding. Malu banget saya. Dia yg 10th lbh muda dari saya dan buta, tp pencapaiannya jauh banget di atas saya. Dan caranya menceritakan kisahnya, sungguh gak ada kesan sombong ataupun minta dikasihani, biasa saja, seperti ngobrol dg teman lama.
Menjelang turun, kami sempat bertukar nama. Dia juga sempat bercerita sdh menikah setaun lalu,dg gadis yg ‘menjelang’ buta karena katarak yg terlambat dioperasi. Kalo nggak ada tanggung jawab jemput anak, sebenarnya hari itu pengen saya mengantarkannya sampai njrakah,biar bisa lebih banyak inspirasi yg saya terima dari kisahnya.
Orang buta berprestasi, saya sudah pernah liat di tipi. Tapi bertemu langsung dan ngobrol dg orang buta yg ‘melihat’, tak pernah saya sangka. Allah selalu punya cara yang unik untuk ‘menjewer’ saya.
Terima kasih Mas Priyono, sudah menyapa saya dan berbagi cerita. Saya doakan, juga saya mintakan doa dari semua teman FB saya, untuk keberhasilan dan keberka[disingkat oleh WhatsApp]

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 25 Mei 2016 in Pelajaran Hidup

 

““GORO-GORO KENALAN LEWAT PESBUK”


Senyum sejenak…:)

“Sore iku Dedi lagi numpak sepeda motor, nggoleki omahe Nanik, kenalan anyar oleh soko pesbuk..

Rumongso kesasar, Dedi langsung mbukak pesbuk.. terus inbox-an nang akune FB Nanik..

Dedi : “Halo Yang Nanik.. aku wis tekan daerahmu iki.. Terus mlebu gang sing endi..?”

Nanik : “Sing enek gapurane Mas, terus sampeyan lurus kiro-kiro 25 meter ono omah gedong tingkat apik, warnane biru, mobile akeh..”

Dedi : “Siap..! aku wis teko kono.. iki omahmu to nik..?”

Nanik : “Dudu Mas sampeyan belok kanan kiro-kiro 10 meter ono lapangan badminton.. Lha sebelahe lapangan iku..”

Dedi : “Pasti iku omahmu yo nik..?”

Nanik : “Iku omahe tukang jahit Mas.. Lurus ae mengko mari jembatan ketemu omah, ono tulisane ISI ULANG PULSA lha iku..”

Dedi : “Mesti iku omahmu khan..?”

Nanik : “Iku jenenge konter hp, Mas.. sampeyan belok kanan ae, terus ketemu kuburan.. lha ngarepe kuburan iku..”

Dedi (wis arep ngamuk) : “Omahmu nik..?”

Nanik : “Iku gerbang kuburan Mas.. sampeyan ojo mlebu.. sampeyan belok kiri ae, mengko weruh

peternakan bebek gede iku..”

Dedi (kudu ngamuk temenan) : “Aaarggh..! Iku omahmu tho..?”

Nanik : “Aku dudu bebek Mas.. iku isih lurus terus….mengko ketemu alas.. ikuu..”

Dedi (wes muangkel) : “Iku omahmu Niiiiikkkk…???!!!!!!”

Nanik : “Aku dudu wedhus Mas.. sampeyan lewat alas lurus terus, mengko ketemu masjid.. lha sebelahe masjid iku..”

Dedi (emosi pwuol) : “Nek pisan iki ngomong dudu omahmu.. tak santet temenan awakmu nik..!!!”

Nanik : “hehehe.. sabar Mas, dadi wong kok ngamuk-an.. yo iku omahku.. wis ketemu durung Mas..?”

Dedi (lego campur lemes) : “Iyo.. aku wis nang ngarep omahmu iki.. asyeem yo Ayang Nanik.. gawe pegele awakku.. Awas mari ngene, ketemu tak jiwiti sampeyan.. hehehe..”

Nanik : “Yo wis.. mlebu ae.. Ono emakku neng njero omah kok, Mas..”

Dedi : “Lho kok malah emakmu sing dikongkon nemoni??? Lha awakmu nang endi nik..???”

Nanik : “Aku kan wis suwi nang Hongkong dadi TKW Mas..”

😄:)🙃☺:mrgreen:

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 17 Mei 2016 in Lucu

 

E-KTP


Inilah gambaran masa depan kita jika e-KTP Sudah Berjalan Efektif dan seluruh data sdh terintegrasi..
Contoh kejadian jk kita memesan pizza:)
Rekaman percakapan telepon pemesanan pizza
Operator:
“Terima kasih anda telah menghubungi Pizza Hut. Ada yang bisa saya bantu?”
Konsumen:
“Saya mau pesan pizza, Mbak.”
Operator:
“Boleh minta Nomor KTP anda?”
Konsumen: “6102049998-45-54610”
Operator
“Oke Pak Ujang, dari database kami, Bapak tinggal di Jl. Merpati No 6, Tlp Rumah 021829256378, Tlp Kantor 021666535872673, dan nomor HP 0818763784022.”
Konsumen:
“Betul Mbak…Apa saya bisa pesan Seafood Pizza?”
Operator:
“Menurut kami, itu bukan ide yang bagus Pak. Dari medical record Bapak, Bapak punya tekanan darah tinggi dan kolestrol yang berlebihan. Mungkin saat ini Bapak bisa memesan Low Fat Hokkien Mee Pizza.”
Konsumen:
“Dari mana anda tahu kalo saya bakal suka itu?”
Operator:
“Hm…minggu lalu Bapak baru pinjam buku dengan judul “Popular Hokkien Dishes” di Perpustakaan Nasional.”
Konsumen:
“Oke terserah…sekalian saya pesan paket keluarga, jadi berapa semuanya?

Operator:
“Total semua Rp. 290.000,-”
Konsumen:
“Boleh saya bayar dengan Credit Card?”
Operator:
“Bapak harus bayar cash, kartu kredit Bapak tampaknya sudah over limit dan Bapak masih punya utang di bank sebesar Rp. 5.350.000,- sejak bulan Juni tahun lalu, itu belum termasuk denda tunggakan kredit mobil Bapak.”
Konsumen:
“Ya sudah kalo begitu, saya ke ATM dulu ambil uang sebelum tukang antar pizza datang.”
Operator:
“Dari data Bapak, sepertinya itu juga nggak bisa Pak. Record Bapak menunjukkan bahwa batas penarikan uang di ATM Bapak sudah habis untuk hari ini.”
Konsumen:
“Busyet…! Sudahlah anterin aja pizzanya kesini, saya akan bayar cash disini, dan berapa lama pizza diantar sampai ke rumah?”
Operator:
“Sekitar 45 menit Pak karena jalanan tampaknya sedang padat. Tapi kalo Bapak tidak mau menunggu, Bapak bisa mengambilnya sendiri dengan motor bebek butut Bapak.”
Konsumen:
“Waduuuuuh kurang ajar si Mbak menghina!”
Operator:
“Di data terlihat Bapak memiliki motor bebek tahun 1995 dengan Nomor Polisi B-217-AN. Betul kan, Pak?”
Konsumen:
“Sialan…nggak sopan loe buka-buka record gw, kamu blom pernah ngerasain ditonjok ya?”
Operator:
“Oh hati-hati dan jaga ucapan Bapak. Apa Bapak lupa pada 15 Mei 2010 Bapak pernah di bui 3 bulan karena mengucapkan kata-kata kotor pada polisi?”
Konsumen:
“Bujug buneng nih manusia satu!”
Operator:
” Ada yang lain Pak?”, oh ya pak….bpk kemaren di luar kota ada urusan dgn KUA ya, karena didata bpk sdh tercatat di 3 KUA, apakah ibu dirumah sdh tau ?
Konsumen:
“Kaga ada.
Batalin aja pesanan gw…!!!” Dan awassss jangan bilang istri gua yg terakhir ya….🙈
Begitulah jika eKTP sdh diberlakukan seluruh negeri n terintegrasi dengan semua pusat data.
Memangnye gampang hidup modern ?

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 17 Mei 2016 in Lucu

 

MENGAPA SAYA TIDAK PERNAH MARAH KEPADA ISTRI SAYA.


Kisah Inspiratif Tentang Suami Penyayang :
Ini rahasianya…

Pada waktu berbulan madu di negara orang, istri saya melihat seekor anjing yang lucu. Dia lalu mengajak anjing yang lucu itu bermain. Tapi, tak  diduga anjing lucu itu menggigit tangannya. Istri saya lalu tersenyum dan berujar ke anjing lucu itu: “*satu…*”
Kemudian istri saya kembali mengajak main anjing lucu itu. Kembali anjing lucu itu menggigit tangan istri saya sampai lecet. Istri saya kembali tersenyum dan berkata ke anjing lucu itu: “*dua…*”
Saya mulai was was. Tapi istri saya dengan tenangnya mengajak anjing lucu itu bermain kembali. Sayangnya, anjing lucu itu kembali menggigit tangan istri saya. Istri saya berkata ke anjing lucu itu sambil tersenyum: “*tiga…*”, dan istri saya mengambil tali dari tasnya dan anjing lucu itu langsung diikatnya sampai mati.

Saya marah kepada istri saya: “Mam, kamu sudah gila ya ?”
Istri saya memandang saya sambil tersenyum dan berkata: “*satu…*”

Nah sejak itu saya tidak pernah marah lagi kepada istri saya…

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 12 Mei 2016 in Lucu, Pelajaran Hidup

 

Kurang Gede


Dino wingi onk pelajaran kesenian…
mukidi.d.kongkon nyanyi maju ng ngarep kelas…
rodo isin2 mukidi nyanyi ambek swara seng lirih..

mukidi: “..cicak..cicak..d dinding..”

pak guru: “..kurang..gede..”

mukidi: “..tekek..tekek..d dinding..”

pak guru: “..kurang sitik..”

mukidi: “..bajol..bajol..d dinding..”

pak guru: “…dii…mukidi…seng d gedekno kui swarane guduk kewane….
lagian onk bajol kok sampek pencilakan ng tembok2 dii…mukidi…

:mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen:
mugo2 guyonan iki dd.senenge konco2 kbh
🖐🖐🖐🖐🖐🖐🖐

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Mei 2016 in Guyon Suroboyoan

 

MENTAL MISKIN


H: “Mas, apakah bisa bantu saya dapat pekerjaan”
T: “Oke, apa pekerjaan yang diinginkan?”
H: “Apa saja deh mas, yang penting kerja”
T: “Ok, mungkin saya bisa minta kolega saya untuk kamu jadi sales disana”
H: “Kalau bisa jangan yg suruh jualan deh mas, saya ga terlalu suka jualan”
T: “Oh gitu yah, oke…oke bentar yah, saya coba telp teman saya di Jakarta”.
Setelah menghubungi teman saya, sayapun memberitahu yang bersangkutan.
T: Ok, H…kata teman saya dia sedang butuh admin untuk input penjualan.
H: “Waduh pak, saya ga bisa komputer”
T: “Ok, mengapa ga bisnis saja”
H: “Wah, itu butuh modal pak, saya ga punya modal”
T: ” Oke, kalau misalnya saya ada teman yang bisa membantumu bisnis dg modal kecil/tnpa modal?”
H: “Itu pasti MLM multi level yah?, kalau yang kayak gituan nggak deh pak,gak suka MLM saya pak”

He..he…Saya belum selesai menjelaskan namun rasanya mendadak kehilangan kesabaran untuk membantu orang ini.

Banyak orang susah bukan karena ga ada KESEMPATAN, namun masalahnya ada pada SIKAPNYA😓

Teringat pesannya Jack Ma sang pendiri Alibaba, didunia ini orang yang paling sulit dilayani adalah orang BERMENTAL MISKIN.

Dikasih gratis “Saya mau diperalat apa nih?”,

dikasih murah “Ini pasti barang jelek”,

dikasih yang bagus “Ini pasti mahal”,

dikasih yang modern, “Saya ga berpengalaman”,

dikasih yang mudah, “Ah itu tradisional”

Hilangkan mental miskin, apapun harus dipelajari, dicoba, & dijalankan…

Salam Sehat Jasmani Rohani dan Sosial Ekonomi

Selamat pagi dan selamat beraktifitas…
Semoga apa yang kita lakukan hari ini bermanfaat untuk banyak orang.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 4 Mei 2016 in Pelajaran Hidup

 

MEMBERI = MENERIMA


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Ada seorang kaya yang mempunyai 3 orang anak dgn harta sebanyak 19 ekor kerbau.
Ketika mendekati ajalnya, dia berwasiat membagikan warisan kepada ke tiga anaknya dengan pesan :
1/2 utk anak pertama,
1/4 utk anak kedua,
1/5 utk anak ketiga.

Setelah sang ayah meninggal, ketiga anaknya membagikan kerbau sesuai pesan ayah mereka.
Tetapi mereka menemukan kesulitan dan keganjilan bahwa masing2 mereka akan mendptkan bagian kerbau yg tidak utuh dan masing2 anak tdk mau mengalah & berusaha mendapatkan bagian utuh,karena harta peninggalan sang ayah ber jumlah 19 ekor kerbau.

Kabar tentang pertengkaran mereka terdengar oleh seorang bapak miskin yg hanya mempunyai 1 ekor kerbau.
Karena prihatin dgn hal tsb, akhirnya sang bpk menemui mereka, dan bersedia dengan ikhlas memberikan kerbau nya supaya masing2 anak mendapat bagian yg utuh, sehingga jumlah kerbau menjadi 19+1=20

Anak2 itu setuju dan mereka mulai membagi :
Anak pertama mendapat :
1/2 dari 20 = 10 ekor
Anak kedua mendapat : 
1/4 dari 20 = 5 ekor
Anak ketiga mendapat :
1/5 dari 20 = 4 ekor.
Demikianlah masing2 anak mendapatkan bagian yg utuh.
Dan totalnya ternyata 10+5+4=19.

            AJAIB KAN ?

Akhirnya tersisa 1 ekor yang diberikan kembali pada bapak miskin yang bijak tadi.

Percayalah jika kita memberi dengan ikhlas untuk menjadi bagian dari solusi, ternyata kita TIDAK KEHILANGAN sesuatu apapun, malah memberi manfaat bagi sesama karena Tuhan lah yang akan menggantikan semua itu.

Seperti dlm kasus ini walaupun sebenarnya sang bapak yg miskin tidak mengharap kerbaunya kembali, krn ia sebenarnya telah ikhlas menjadi bagian dari solusi itu …!
          
           PESAN MORAL
BERAMAL BERARTI TIDAK AKAN MENGURANGI HARTA YG KITA PUNYA WALAU SEPESERPUN…………..

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 29 April 2016 in Pelajaran Hidup

 
 
Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 1.635 pengikut lainnya