RSS

Bromo oh Gunung Bromo

22 Agu

Padang Savanah TeletubiesSudah lama aku tidak mengunjungi daerah wisata ini, setiap kali ada berita tentang keindahan tempat wisata ini aku beritahu istri bahwa lokasinya dekat dengan kampung halamanku, Kota Malang. Endingnya dia selalu bilang huuu ngomong doang kapan aku diajak kesana? Hahaha. Karena kebetulan mau lebaran akhirnya aku janji lebaran ini akan mengajak Istri dan anak-anakku kesana
Akhirnya sampailah waktu itu Minggu, 11 Agustus 2013 Kami melakukan perjalanan wisata tersebut. Berangkat pukul 23.00 dari rumah diMalang. Perjalanan melalui Purwasari sekitar 86 km perjalanan dari Malang ke Bromo. Jalan mendekati daerah Bromo mulai berkelok-kelok , kalau dilihat di GPS, jalan tersebut seperti ular.

IMG_1293IMG_1295IMG_1279
Waktu tepat menunjukan pukul 01.30 aku sudah sampai daerah parkiran mobil yang cukup luas mobil-mobil pribadi tidak boleh meneruskan perjalanan ke tempat tujuan utamanya, karena jalan diportal, hoop okelah kita berhenti dulu disini. Sudah ada 2 mobil yang parkir sebelum kami sampai.

IMG_1307IMG_1308IMG_1327
Datang seorang penduduk dengan Ramah bertanya,” sudah dapat Jeepnya untuk naik keatas?”
Aku jawab “ Belum mas, berapaan mas kalau Sewa?”
Penduduk,” 450 mas”
Dieghhhh apa?
Berapa pak,” 450ribu?, itu untuk berapa orang?”
Penduduk,” satu Jeep untuk 6 orang maksimal”
Gila! Dah mobil gak boleh terus, eh disini dipaksa bayar 450 ribu.
Penduduk,” itu sudah harga Paguyuban, diantar ke dua lokasi , kalau mau empat lokasi 650 ribu.”
Dalam hati Paguyuban apa nih? Gila, mau balik lagi sudah nanggung.

IMG_1321IMG_1322IMG_1313
Akhirnya dengan sedikit kecerdasan, ciiiee. Aku cari calon-calon turis lokal yang mau patungan dengan kami untuk dapat menyewa kendaraan keatas. Singkat cerita saya dapat 2 keluarga yang mau patungan dengan kami, karena jumlah total orang yang banyak jadinya kita tidak bisa naik jeep. Deal dinilai 600ribu naik pickup, total muatan 15 orang. Gak apa-apa deh, jadi kita dapat patungan 200 ribuan. Lumayan.

IMG_1422IMG_1411IMG_1338
Hampir sampai Penanjakan, karena mobil jeep yg sdh sampai lebih dahulu sudah banyak, jadinya mobil yg kita sewa gak bias sampai lokasi penanjakan, mesti parkir 2km sebelum lokasi(menurut tukang ojeknya), hal ini dimanfaatkan peluangnya oleh tukang ojek. Tarif Ojek 25 ribu/ motor(ditawar menjadi 15 ribu) hadeeew keluar lagi biaya. Karena lokasi masih jauh, menanjak dan membawa anak kecil, terpaksa deh kami naik ojek sewa 3 motor untuk anak-anak, istri dan mama.

IMG_1332IMG_1334IMG_1354

Sesampai lokasi gerbang Penanjakan ternyata kita masih harus naik lagi tangga yang tingginya lumayan, kasian anak-anakku yang masih kecil pada kecapean. Ada beberapa anak kecil yang nangis minta pulang karena Capek, ngantuk dan gak kuat menahan rasa dingin, muncul tenaga-tenaga yang manawarkan jasa gendong untuk anak-anak. Duh tepok Jidat. Masak sih mesti keluarin uang lagi? Anak-anak dimotivasi untuk kuat, hehehe…ayo sedikit lagi, dan hebatnya ternyata mereka kuat walaupun dengan sedikit keluhhan🙂.

IMG_1346IMG_1350IMG_1370

Sesampai lokasi Penanjakan- point of View Sun Rise, ternyata lokasinya sudah padat dank arena lokasinya yang sempit dan bentuknya yang datar. Maka kita yang datang belakangan tidak dapat melihat dengan jelas, Cuma lihat kepala-kepala orang dan sekali lagi kita jengkel dengan kondisi anak-anak kami yang serasa berdiri diantara orang-orang dewasa tidak dapat melihat pemandangan dengan baik dan kecapean karena harus berdiri terus, tidak ada tempat untuk duduk dengan nyaman. Seandainya lokasi ini dibangun dengan posisi tempat duduk yang makin meninggi kearah belakang seperti nonton bioskop dan areanya diperluas, alangkan nyamanya kita menikmati momen matahari terbit ini.

IMG_1343IMG_1342IMG_1340

Karena kita tidak kebagian lokasi melihat matahari terbit yang nyaman, akhirnya kita putuskan untuk bergeser kedaerah yang sedikit diluar lokasi sebenarnya. Kami menunggu di bawah menara BTS yg ada didekat lokasi tersebut. Meski posisinya kurang ideal, tapi lumayan. Dan anakku bisa kubiarkan duduk-duduk dipondasi menara BTS tersebut, meski penuh dengan tanah tapi gak apa-apa deh dari pada mereka kecapean. Indahnya Sun Rise !!!!

IMG_1364IMG_1368IMG_1376

Selesai menyaksikan Sun Rise, kami langsung turun. Duuh jauh ya tempat parkir mobil sewa kami? Apa mesti naik ojek lagi? Karena jalannya yang menurun kita putuskan untuk jalan kaki sambil gendong anak-anak. Capeeeek mbok. Perjalanan berikutnya menuju Gunung Bromo.

IMG_1384IMG_1379IMG_1378

Mendekati lokasi Gunung Bromo kita diharuskan turun dari mobil . kita harus jalan kaki atau naik kuda menuju Gunung Bromo. Sewa Kuda berapa pak?125 ribu dik. Duh tepok jidat lagi nih perlu 3 ekor kuda untuk antar aku dan keluarga, berarti perlu 375 ribu. Enggak deh. Akhirnya kami putuskan tidak naik kegunung Bromo Karena jalan cukup jauh dilautan pasir belum naik anak tangga gunung Bromo sebanyak +/-250 anak tangga CMIW, anak-anak tidak akan kuat. Dan pengalaman kalau tidak naik kuda, kita akan susah nafas karena debu yang berterbangan akibat kuda berjalan atau lari, selain itu sepanjang jalan tercium aroma kotoran kuda yang berserakan disepanjang jalan. Bromo aku Cuma liat dari jauh. Kasian istriku agak kecewa, maaf ya..

IMG_1426IMG_1408IMG_1431

Kemudian kami meneruskan perjalanan menuju Padang Savanah. Pemandangannya indah sekali. Tapi karena sudah pada kecapean dilokasi penanjakan ditambah perjalan kami yang menggunakan pickup dimana cukup membuat lelah badan kami. Sesampai dilokasi padang Savanah Pada gak mau turun dari mobil. Cuma aku, istri dan kedua anakku. Benar juga ada gundukan mirip rumah Teletubies. Makanya dinamakan Padang Savanah Teletubies.
Puas menikmati Padang Savanah kita kembali ketempat kita awal dimana kendaraan kita diparkir.

IMG_1420IMG_1407IMG_1417

Sepanjang perjalanan saya kasian melihat teman-teman yang menggunakan kendaraan sepeda motor, dimana sepeda motor mereka sering tidak bisa jalan karena tebalnya pasir sehingga sering ban selib. Selain itu bila dilewati kendaraan jeep atau pickup seperti yang kami tumpangi mereka akan terkena debu yang cukup tebal, kasian. Demikian juga kami bila ada jeep yang melewati kita atau berpapasan dengan jeep. Maka kamipun akan terkena debu yang cukup tebal sehingga sulit bernafas……duh kok tidak diatur ya jalur kendarannya. Minimal dibedakan jalur antara macam kendaraan dan jalur arah pulang Serta pergi. Sehingga debu tidak membuat kita susah mernafas.

IMG_1421IMG_1429IMG_1431

Demikian Cerita singkat perjalana wisataku ke Gunung Bromo.
Kesan : pemandangan alam yang luar biasa indah dengan perjalanan yang menguji adrenalin. Jalan berkelok-kelok sewaktu naik karena malam sehingga tidak terlihat jurang-jurang yang dalam. Atau waktu turun kekawasan Broro dengan jalan yang curam dan terjal, terutama pada saat berpapasan dengan mobil lain, langsung komat -kamit baca doa.Tapi tidak recommended untuk Back Packer. Kita yang mengajak tidak dapat dengan bangga menunjukan daerah tersebut dan dengan bangga bercerita, karena teman yang diajak keburu jengkel dan cemberut karena mahalnya perjalanan wisata ini, tidak nyaman, sangat berdebu, berat terutama untuk anak-anak. Sehingga pulang dari wisata ini yang ada adalah capeeeek luar biasa, Kata istriku lebih capek dari pada mudik dari Jakarta ke Malang.😀 .
Untuk para pemburu gambar, kawasan Bromo ini akan memberikan gambar-gambar yang luar biasa Indah. I LOVE INDONESIA.
Jangan lupa bawa baju hangat yang cukup. Karena dinginnya bisa sampai lima derajat Celcius, kami sudah berpakaian berlapis-lapis masih merasa dingin. Tapi jangan kawatir bila lupa bawa jaket, karena disana ada juga yang menawarkan jasa sewa jaket kok. hehehehe duit lagi….duit lagi…

IMG_1436IMG_1435IMG_1432

Hanya foto-foto ini yang dapat mengenang keindahan pemandangan Gunung Bromo.

Apa perlu harus ada yang menggugat Pemda ya agar wisata ini ditata lebih baik dan murah, seperti kasus. Ancol untuk masuk Gratis. Karena kenyamanan untuk menikmati wisata Bromo masih jauh dari nyaman.

IMG_1434
IMG_1300

IMG_1299

IMG_1298

IMG_1301

IMG_1431

IMG_1426

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 22 Agustus 2013 in Excellent Places

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: